Tuesday 30 May 2023

Tutorial: WPF SCADA - Day 5 (finale - Graphic Dashboard)

 Assalaamu'alaikum.. 


Teman2 yang saya hormati, tibalah kita pada akhir seri DIY membuat aplikasi SCADA: WPF SCADA. 

Pada video kali ini kita akan belajar bagaimana membuat Dashboard SCADA. Kita akan menggunakan library Livecharts untuk membuat objek Gauge, Bar Chart dan Line Chart. 



AFAIK, ada 2 tipe Graphic pada aplikasi/software SCADA: 

1. Fixed Graphic/Dashboard

2. Dynamic Graphic/Dashboard


Yang tipe 1 itu maksudnya adalah tampilan SCADA nya tidak bisa kita rubah-rubah. Semua objek yang ditampilkan pada halaman Graphic/Dashboard dibuat di-script atau dibuat saat development, dan ketika aplikasi sudah jadi maka tampilan tersebut tidak bisa dirubah lagi, baik Teksnya, Warnanya, atau Posisinya. Biasanya aplikasi SCADA dengan tipe ini dibuat khusus/custom untuk client/user tertentu.


Tipe yang ke-2 itu maksudnya adalah tampilan SCADA nya bisa kita buat sendiri, ada fitur Graphic Designer untuk membuat tampilan dengan cara menambahkan objek-objek yang kita inginkan. Ini yang biasa ada pada software2 SCADA branded, termasuk SCALARE* 


*SCALARE ini walaupun termasuk low-cost SCADA software tapi sudah ada fitur Graphic Designer. Silakan download SCALARE FREE Version disini: hadiscada.com/scalare


Demikian materi yang bisa kami bagi. Kami memohon maaf karena banyak kekurangannya. Semoga ada yang bisa teman2 manfaatkan dari sini. 

We are sorry to all my friends who can not understand Bahasa Indonesia, because from the beginning until this end, I use Bahasa to explain the lessons.   


Terima kasih. Sampai jumpa pada video2 yang lainnya. 

WalhamduliLLAAH.. wassalaam..

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . HadiSCADA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger