Tuesday 16 May 2023

Tutorial: C# OPC UA Client

 Halo teman2 inovator!


Pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana membuat aplikasi sederhana untuk membaca data dari sebuah OPC UA Server, artinya kita akan membuat sebuah aplikasi OPC UA Client. Kita akan menggunakan Visual Studio 2022 dan bahasa C# dengan tipe aplikasi Desktop Windows Form atau bisa disingkat WinForm. 

Aplikasi OPC UA Server yang akan kita gunakan ada 2 macam, yaitu memakai OPCAgentX dari HadiSCADA (silakan lihat di video2 kami sebelumnya jika teman2 belum tahu) dan untuk mensimulasikan fungsi Write kita akan pakai OPC UA Server Simulator dari Integration Objects. 


OPC UA berbeda dengan OPC DA. OPC UA memliki banyak kelebihan. Kekurangan2 pada OPC DA seperti ribetnya konfigurasi DCOM, sudah tidak perlu dipikirkan lagi. Sebenarnya ada beberapa macam koneksi, namun pada tutorial kali ini kita akan menggunakan koneksi Anonymous artinya kita tidak perlu mendefinisikan user authentication apapun, kita hanya perlu parameter IP atau nama komputer dan nama OPC UA Server nya.

Untuk projek kali ini kita akan menggunakan library OPC UA Helper. Kami tidak terlalu mengerti mengenai legalitas library ini, jadi kami tidak bertanggung jawab apabila ada permasalahan terkait legalitas atau apapaun yang menyangkut hukum. Disini kami menunjukan tutorial untuk tujuan pembelajaran saja.


Untuk membaca data dari sebuah OPC Server, ada 2 metode yang bisa dilakukan. Pertama adalah metode Read dan yang kedua adalah metode Subscription. Metode Read butuh triger manual untuk membaca data bisa dari penekanan tombol atau bisa dikombinasikan dengan objek Timer untuk melakukan Read setiap interval waktu tertentu, metode ini disebut juga metode Polling. Sedangkan metode Subscibe atau Subscription dia tidak perlu triger manual, setiap kali ada perubahan value di sisi server akan dikirim pemberitahuan ke sisi client. 

Baik metode Polling ataupun Subscribe masing2 punya kelebihan dan kekurangan masing2. Silakan teman2 coba2 sendiri dan temukan metode yang paling pas untuk sistem yang teman2 punya.


Berikut adalah timeline dari video tutorial kali ini:

00:00 - intro

00:08 - setup OPCAgentX as OPC UA Server

02:17 - create a new project

13:41 - test Connect

16:05 - test Read value

16:26 - Write value

21:12 - Subscribe



Demikian yang bisa kami sajikan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih dan Salam inovasi!

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . HadiSCADA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger