Thursday 19 December 2013

Penjelasan TransSpot

Berikut adalah penjelsan bagaimana menggunakan aplikasi TransSpot.

1. Download aplikasi. File berupa RAR. disini.
2. Setelah file di-download. Extract file RAR tersebut.
3. Dari folder yang terekstrak, buka file TransSpot.exe
4. Setelah aplikasi terbuka, jika belum punya akun di TransSpot. lakukanlah Signup, jika sudah punya akun loncat ke nomor 8.

5. Pada form Signup, isilah data-data yang diperlukan. Email harus valid.

6. Sistem akan men-cek apakah email sudah terdaftar. Jika belum maka link konfirmasi akan terkirim ke email tersebut.

 
7. Bukalah email. Klik pada link konfirmasi yang dikirim oleh Admin TransSpot. Setelah terkonfirmasi maka akun sudah terdaftar di sistem TransSpot.

8. Pada aplikasi TransSpot, Login-lah dengan akun yang sudah terdaftar. Untuk ke form Login setelah Signup, click pada tab Home terlebih dulu maka form Login akan ditampilkan.

9. Setelah berhasil login, pertama sekali yang harus dilakukan adalah memilih Trans Unit yang akan dimonitor. Bukalah tab Unit.
10. Pilihlah Armada, Trayek, dan Unit. Jika memilih Private unit maka yang ditampilkan adalah unit milik pribadi. (untuk membuat Private unit silahkan dari aplikasi GPS Simulation).

11. Jika ingin ada notifikasi saat kendaraan sampai di suatu halte atau mendekati halte, pilihlah cekbox Notification Active dan Near Notif. Jika Near Notif aktif, tentukan berapa menit jeda waktunya. (beberapa waktu sebelum kendaraan tiba akan ada pemberitahuan).
12. Bukalah tab Spot untuk menampilkan peta yang memperlihatkan posisi kendaraan dan posisi anda. Jika ada Rute pada unit yang dimonitor maka jalur Rute akan ditampilkan.

13. Sistem akan melakukan pengecekan setiap 5 detik sekali.
14. Default aplikasi akan Auto Center (posisi kendaraan selalu di tengah peta), jika tidak ingin Auto Center maka non aktifkan cekbox Auto Center.
15. Untuk menyembunyikan rute, non aktifkan cekbox Show Route.
16. Perkiraan waktu kendaraan sampai di halte/posisi anda ditampilkan di pojok kanan atas.
17. Saat waktu sampai sudah masuk Near Notif, akan muncul pemberitahuan. Juga saat kendaraan sudah sampai di posisi anda. Akan muncul juga indikasi berwarna merah berkedip di bagian atas.
  

18. Bukalah tab Link. Untuk menambah Link, klik tombol Add pada pojok kiri bawah.
19. Carilah nama user TransSpot lain dengan mengetikan namanya. Jika sudah ditemukan, klik pada tombol Add di pojok kiri bawah.
20. Untuk melakukan Chating denga Link anda, buka tab Link, pilihlah Link yang sudah terhubung dengan anda, kemudian klik tombol Chat pada pojok kanan bawah.

21. Pada form Chat, kata-kata anda akan tampil dalam kotak berwarna hijau dan kata-kata Link anda akan tampil dalam kotak biru.

22. Akun anda akan tersimpan, jadi saat anda menutup aplikasi dan membukanya lagi maka akan langsung masuk dengan akun terakhir yang login, dan langsung membuka tab Home.

23. Untuk melakukan Logout, buka tab User, kemudian klik Logout.

24. Beberapa fitur masih belum aktif, seperti Route dan POI.
25. Pastikan koneksi internet anda cukup baik agar aplikasi berjalan dengan baik.

Sekian penjelasan mengenai aplikasi TransSpot. Untuk penjelasan mengenai aplikasi GPS Simulation akan disampaikan pada postingan berikutnya, insya Allah.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . HadiSCADA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger